Bukan kumpulan kata, hanya kata-kata yang sedang ngumpul

Minum Air Es Batu Dingin Bikin Gemuk ? Iya gak sih

Kita seringkali mendengar perkataan bahwasanya minum air dingin atau air es itu bisa membuat badan jadi gendut. Padahal minum air es itu seger loh apalagi kalau es teh, es dawet, es pisang ijo, es oyen. Duh kan jadi baperan eh laperan. Tapi gara-gara ada yang bilang minum air dingin bisa bikin badan mekar, alhasil jadi dikurang-kurangin deh minum air dinginnya.

Meskipun sebagian ada yang yang percaya dan takut, namun ada pula yang menganggap hal tersebut adalah mitos belaka. Seorang ibu dalam sebuah video yang diunggah di facebook sampai-sampai melakukan uji coba untuk membuktikannya (liputan6.com).

Ibu yang memiliki akun facebook bernama Jenny Linawati itu melakukan percobaan dengan cara mencampurkan air, minyak dan es batu kemudian mengaduknya. Ternyata yang terjadi adalah minyak tersebut menjadi beku dan menggumpal yang kemudian ia sebut sebagai lemak.

Tapi, apa segampang itu air dingin yang kita minum membekukan lemak dalam tubuh?
image source http://nationalgeographic.co.id
Apa iya es batu bisa menggemukkan badan sehingga harus dihindari bagi pelaku diet?

Sebenarnya minum air es dingin tidak memberikan efek apapun pada tubuh. Pada dasarnya ia sama saja dengan air biasa. Bahkan suhunya yang dingin pun mengalami penyesuaian dengan sendirinya ketika sudah memasuki organ pencernaan bagian dalam. Karena itu sensasi dingin kadang hanya terasa di dalam mulut dan kerongkongan saja. Tubuh manusia memiliki banyak pembuluh darah, yang mana aliran darah di dalamnya secara tidak langsung membuat tubuh menjadi hangat. Begitu pun ketika air dengan suhu dingin memasuki organ pencernaan, maka secara otomatis suhu air tersebut akan normal seperti halnya air biasa.

Lalu bagaimana dengan anggapan di atas, kalau air dingin bisa membuat lemak dalam tubuh menggumpal sehingga terjadi penumpukan lemak?

Menurut dr. Michael Triangko Sp.KO, staf pengajar di Prodi Ilmu Kedokteraan Olahraga FKUI, dilansir Intisari-Online.com, mitos ini muncul dari pengalaman mereka yang minum air es ketika makan makanan berlemak. Terlebih lagi kebiasaan minum air es tersebut dicampur dengan sirup, coklat, dan gula yang berlebihan. Karena terasa segar, kita semakin tidak sadar bahwa segala yang kita makan adalah makanan yang tinggi kalori.

Bahkan ketika kita hanya mengonsumsi es teh manis saja butuh beberapa sendok gula lebih banyak daripada membuat teh manis hangat. Tentu saja kebiasaan minum air es inilah yang menyebabkan tubuh menjadi gemuk. Terlebih lagi kalau makannya dibarengi junk food.

Es sebenarnya bukan penyebab kegemukan, tapi es yang dicampur glukosa bisa menjadi penambah nafsu makan. Seperti yang kita tahu bahwa makanan atau minuman yang manis bisa menghasilkan hormone yang membuat otak merasa senang. Sehingga control makan pun tidak terkendali. Tapi kalau minum air putih biasa yang dicampur dengan es batu ini bukan jadi masalah. Masalahnya cuma ada pada kebiasaan makan yang salah.

Nah kan, sekarang jadi tahu kalau air dingin bisa menggemukkan badan itu hanya mitos belaka. Jadi gak perlu takut kalau minum es banyak-banyak nanti jadi nimbun lemak. Yang terpenting adalah control terhadap konsumsi makanan berlemak dan tinggi glukosa. Begitu ya Manmin.

No comments:

Post a Comment

Adbox