Bukan kumpulan kata, hanya kata-kata yang sedang ngumpul

Eksotisme Bebatuan di Tumpak Bledek Tulungagung



Tulungagung ternyata punya banyak cerita buat ditulis. Salah satunya ya Tumpak Bedheg ini nih. Tumpak Bedheg atau ada pula yang menyebutnya Tumpak Bledek gak jauh dari lokasi Ranugumboloa.k.a Ranukumbolo KW (sekitar 3 km). Kenapa bisa nyasar kesono? Mendingan gak usah tau motif aku sama Atsnaro buat datang kesono. Penuh intrik dan drama kawan. Bahaha..

Tumpak Bedheg. Namanya emang rada aneh sih. Kalo dalam Bahasa Indonesia Tumpak itu artinya naik, Bedheg berarti petir. Coba gabungin dah tu namanya. Apalagi dibikin versi bule, Ride Storm. Aneh tapi ada keren-kerennya gitu gak sih? Hha..

Ah entahlah itu artinya bener apa kagak, cuma kira-kira aja. Biar pun namanya gak easy listening, tapi jangan kira tempatnya juga bakal gak eye catchy buat diliat.  Meskipun sebenernya yang jadi ciri khas dari lokasi ini adalah hamparan bukit batu yang melingkar nyaris 360 derajat, dalam satu spot kita bakal disuguhin macem-macem view mulai dari bukit batu, ranting-ranting kering, rumput yang hijau sampe air danau yang biru kehijauan.

Emang apa uniknya itu bukit batu? Unik dong. Coba itu bukit batu kamu bawa pulang buat dibikin cincin akik. Hha.

Kata orang disono (entah siapa kemaren yang ngebisikin), bentuk bukit yang melingkar kayak stadion itu sebenernya adalah bekas tambang. Dan kayaknya emang bener sih. Di bagian tengah a.k.a cekungannya itu kayak bekas suatu project gitu. Yang bikin keren nan unik itu adalah warna bukit batunya yang coklat kehitaman. Dipadu sama ilalang-ilalang yang kering kecoklatan. Kamu tau imajinasiku bilang apa? berasa ada di dunia anime. Hhhaa…

Emang kayak apa sih tu bukit?
Scroll ke bawah dah, biar kepomu terobati.

























Foto di atas keliatannya biasa aja, batunya juga gak keliatan awesome. Tapi itu lensa kamera henpon 5 megapixel yang ngomong. Coba deh kesana n liat langsung. Mata kamu gak bakal bohong, dia bakal bilang kalo tempat ini keren bedheg eh badai. Kamera henponnya aja yang gak bisa nangkep keindahannya, kalo mata aku seh bilangnya emejing.

Itu baru bukit batunya doang man. Disebelahnya ada danau yang masih masuk aliran Bendungan Wonorejo. Di tepiannya danau ini gak sekering di bukit batunya, masih ada rerumputan hijau dan pohon-pohonnya juga. Ni tempat mayanlah buat ngadem, setelah kering foto-foto di atas bukit batu.




tumpak-bledek-bedheg-tulungagung









tumpak-bledek-bedheg-tulungagung




tumpak-bledek-bedheg-tulungagung











Note:
Foto-foto di atas diambil pada saat musim kemarau. Jadi kondisinya gersang banget. Coba kalau ujan, pasti udah beda lagi view-nya. Kayak jepretan-jepretan di bawah ini nih. Ternyata Si Tumpak Bledek ini punya kecantikan lain saat musim penghujan.


tumpak-bledek-bedheg-tulungagung












Cantik betul apa kebetulan cantik menurutmu?

Yang Perlu Kamu Tau Teman !
1.    Lokasi ini vanasnya kebangetan broh. Apalagi di bagian bukitnya. Saran alay dari aku sebaiknya kamu pake sunblock biar gak item.
2.    Rute Menuju Tumpak Bledheg Tulungagung ini cukup gampang man. Ikuti aja plakat yang menunjuk arah ke Bendungan/ waduk Wonorejo. Dari arah Blitar lurus aja ke jalur Tulungagung-Trenggalek, sampe di pertigaan Kalangbret belok ke kanan sampe nemu plakat arah ke waduk lalu belok kiri. Ikuti saja jalan beraspal di depan kamu sampe ketemu gapura bertuliskan Bendungan Wonorejo. Terus aja sampe ketemu jalan bercabang, ambil arah kanan. Ada jalan bercabang lagi, ambil yang kanan. Sampe disitu kamu tinggal lurus aja ngikutin jalan sampe nemu lokasi Tumpak Bedheg. Sebelom nyampe disana kamu bakal nglewatin Ranugumbolo.
3.    Setelah melewati Ranugumbolo, kondisi jalan menuju Tumpak Bedheg gak lagi semulus pipinya Chelsea Islan. Motor kamu bakal terguncang abis-abisan karna kondisi aspal jalan yang udah pada rusak. Jadi, pastikan kendaraan kamu dalam kondisi yang fit. Jangan lupa tanki juga diisi full, biar ga bingung nyari gas station di tengah hutan.
4.    Bawa duit. Biarpun masuk lokasi gak bayar, tapi jangan lupa tukang parkir akan selalu ada. Jadi, pastikan bawa duit!
5.    Saran terakhir ini boleh dipake boleh enggak. Jangan lupa bawa gandengan, utamanya buat para jomblo. Kenapa? Karna disana panas broh. Jangan bikin hatimu yang kering itu tambah garing. *Halah.
Udah gitu aja dah pamernya. Udah mupeng apa belom buat nyamperin si Ride Storm Hill? Hha..



No comments:

Post a Comment

Adbox